Sejarah penemuan tongsis, alias tongkat narsis


Taukah anda ternyata tongsis, alias tongkat narsis yang baru dikenal baru-baru ini, ternyata sudah lebih dahulu eksis jauh sebelum itu, yakni pada tahun 1980. dan berita ini pun sempat masuk majalah pada tahun 1995. penemunya adalah seorang pria Jepang bernama Hiroshi Ueda. inspirasi ueda menciptakan tongsis sendiri karena ia tak bisa mengandalkan orang lain untuk mengambil foto dirinya di salah satu tempat wisata saat itu.

"saat saya berada di meseum Louvre di Paris, saya meminta seorang anak untuk mengambil foto saya, tetapi anak itu malah kabur dan membawa lari kamera saya" ujarnya.sejarah penemuan tongsis, alias tongkat narsis

Ueda bekerja di salah satu perusahaan kamera Minolta dan sangat menggemari dunia fotografi. dan dia pun berfikir untuk mengatasi hal ini, kemudian dia berhasil menciptakan "extender stick", produk berupa tongkat yang bisa di panjangkan yang juga dilengkapi tripod di ujungnya untuk digunakan bersama kamera saku.


penemu tongsis Hiroshi Ueda


saat itu, kamera masih menggunakan film, alhasil Ueda pun menambahkan cermin di depan kamera agar si pemakai tongkat ini bisa melihat dirinya sendiri dalam melakukan framing gambar. jadi dengan kata lain, inilah tongsis pertama yang pernah ada di muka bumi ini yang biasa digunakan untuk "selfie".

Ueda mematenkan penemuannya itu pada tahun 1983. dan tahun1985, kantor paten AS menerbitkan dokumen paten yang berisi skema alat temuan Ueda. kemudian Minolta pun memproduksi tongsis bikinan Ueda. namun sayang penjualannya saat itu masih tidak terlalu bagus karena tongsis masih dianggap aneh oleh publik dan juga beberapa faktor lain.

memang pada akhirnya butuh waktu yang lama hingga munculya smartphone sebelum trend selfie mulai menanjak dan peminat tongsis pun mulai banyak. seorang penamu asal Kanada bernama Wayne Fromm berhasil mengkapitalisasi trend selfie yang tengah naik daun dengan membuat tongsis lain yang bernama "Quik Pod" pada pertengahan dekade 2000-an.

demikianlah sedikit sejarah menganai penemuan tongsis yang saat ini banyak dipakai orang-orang untuk selfie bersama teman-teman atau pun sendiri. dan ternyata penemuannya sudah jauh ada sebelum kita menganal tongsis itu sendiri.

baca juga hal lainnya : Google luncurkan toko gadget online
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment