Cara Mengolah Melinjo Menjadi Kerupuk (Emping) yang Lezat


Melinjo memiliki nama latin Gnetum Gnemon, merupakan suatu tumbukan pohon yang menghasilkan buah yang bisa dimanfaatkan untuk di olah menjadi kerupuk yang enak, kerupuk melinjo ini biasanya disebut "emping". Namun taukah anda bagaimana cara mengolah melinjo ini, dari mulai buah hingga menjadi emping yang enak dan nikmat. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Hal yang pertama sekali harus kita lahukan adalah mengupas kulit melinjo agar terpisah dari bijinya. Dalam hal ini, melinjo yang baik digunakan sebagai bahan emping adalah melinjo yang sudah matang dan kulitnya berwarna merah atau orange kemerahan. yang mana bijinya sudah berwarna agak hitam dan kulit bijinya pun sudah mengeras sempurna.

2. Kemudian, melinjo yang sudah di kupas tadi kita gongseng dengan campuran pasir dalam sebuah wajan. Tujuannya agar isi bagian dalam melinjo tadi dapat matang dan memudahkan kita dalam proses penumbukan nantinya. Kita menggongsengnya kira-kira selama 7-10 menit.

3. Setelah digongseng, kita kupas kulit bagian luar dari melinjo tadi sehingga tinggal bagian isi dalamnya yang berwarna putih kekuningan.


4. Pukul isi bagian dalam melinjo tadi dengan palu yang permukaan untuk memukulnya sudah dilapisi dengan plastik terlebih dahulu, agar isi bagian dalam melinjo tadi bisa melebar dengan sempurna saat dipukul, ingat, tidak boleh dipukul terlalu kuat karena bisa menyebabkan isi melinjo tadi pecah dan tak bisa dijadikan emping lagi.

5. Kemudian susun isi bagian dalam tadi di sebuah tempat dengan tujuan untuk pengeringan. Biasanya emping dijemur 1-2 hari hingga benar-benar kering dan rapuh. setelah itu emping siap di goreng dan di konsumsi.

baca juga : manfaat pinang bagi kesehatan

stop hair loss !! check this solution
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment