Hikmah Shalat Khusyu'


Kali ini saya akan mencoba membahas sedikit tentang hikmah-hikmah shalat khusyu'. Memang untuk mencapai shalat dengan khusyu' perlu usaha ekstra karena himah yang kita dapatkan sangatlah besar dan bisa membuat kita merasa sangat betah dalam melaksanakan shalat.

Adapun hikmah yang pertama adalah Allah mengingatkan lima kali dalam satu hari tentang urgensi waktu. Ciri orang yang khusyu' dalam sahlatnya adalah ia bisa menggunakan waktunya dengan efektif. pantang baginya waktu terbuang dengan sia-sia, kerana ia yakin dan sadar bahwa waktu adalah nikmat dan modal yang sangat besar dari Allah. Pantang baginya merugi gara-gara ceroboh dan lalai dalam menggunakan waktu.

Kedua, kebersihan. Bersuci adalah salah satu syarat sahnya shalat. tidak akan diterima shalat seseorang jika tidak didahului dengan bersuci. Allah berfirman : "Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." (Q.S. Asy Syams [91] : 9-10).
Orang yang khusyu' dalam shalatnya senantiasa memperhatikan kebersihan hatinya, badannya, tempat tinggalnya. Ia juga senantiasa menjaga kebersihan perbuatannya dari kemaksiatan dan dosa. Ia menjaga kebersihan hartanya dari berbagai perkara haram dan syubhat. Ia juga menjaga kebersihan panca indranya dari menangkap hal-hal yang bukan menjadi haknya.

 Ketiga adalah meluruskan niat. Niat sangatlah penting dalam ibadah, termasuk di dalam shalat. Suatu ibadah diterima sebagai amal shalih atau tidak tergantung kepada niat. Seseorang yang shalat dengan khusyu', maka dia akan senantiasa menjaga niatnya dalam setiap perbuatan yang ia lakukan. Ia tidak akan mengambil tindakan sebelum yakin dan mantap bahwa niatnya semata-mata hanyalah mengharap ridha Allah.
Orang yang khusyu' dalam shalat senantiasa yakin bahwasanya Allah hanya akan menerima amal perbuatan yang dilandasi dengan niat ikhlas.

Semoga apa yang sudah penulis paparkan diatas menjadi tambahan ilmu bagi kita semua . Amin..
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment