Cara Berwudhu' yang Benar (sudah benarkah wudhu' Anda ?)


"Sesungguhnya Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang suci". dari petikan ayat diatas kita dapat mengetahui seberapa pentingnya bersuci dalam hidup ini. Dari sekian banyak cara bersuci (wudhu', tayamum, mandi), kali ini kita akan membahas sedikit tetang berwudhu'.

Shalat merupakan tiang agama, barangsiapa yang meninggalkan shalat maka ia telah merobohkan tiang agama. Banyak orang yang shalat, namun banyak juga orang yang shalat namun shalatnya tersebut tidak memberi dampak apapun dalam kehidupan mereka. ada beberapa sebab mengapa shalat tersebut tidak berdampak dalam hidup seseorang. sebelum itu kita terlebih dahulu mengetahui bagaimana yang dikatakan dampak dari shalat.

"Shalat mencegah dari perbuatan keji dan munkar". Ayat tersebut menjelaskan salah satu dampak bagi orang-orang yang mengerjakan shalat, yakni orang tersebut terhindar dari perbuatan keji dan terpelihara dari segala perbuatan munkar". Namun tidak sedikit dari kita yang selalu mengerjakan shalat namun belum mendapatkan faedah shalat di atas, salah satu penyebab utamanya adalah karena mereka tidak memperhatikan bagaimana cara mereka berwudhu'. Maka oleh kerena itu penulis ingin sedikit berbagi ilmu mengenai bagaimana cara menyempurnakan whudu'.

Dalam surah Al-maidah dijelaskan bagaimana cara berwudhu yang benar, yakni dengan membasuh muka, membasuh kedua tangan hingga siku, membasuh sebagian kepala dan mencuci kaki. Namun anggota wudhu' yang tertera dalam surah Al-Maidah di atas adalah anggota-anggota wajib saja, dan selengkapnya di jelaskan dalam hadis nabi.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita menyempurnakan wudhu' kita, bukan hanya mencuci anggota wudhu' dengan asal-asalan karena hal tersebut dapat menyebabkan wudhu' tidak sah dan juga shalat tidak sah.

Saat Anda berwudhu' perhatikanlah apakah semua anggota wudhu' tersebut telah terkena air secara sempurna. Contoh seperti saat mencuci muka, air harus mengenai semua permukaan wajah dari mulai tempat pertama tumbuh rambut di bagian dahi hingga anak telinga di bagian samping dan bagian bawah hingga kebawah dagu. Begitu juga dengan bagian anggota wudhu' lainnya, semua permukaannya harus terkena air dengan sempurna agar wudhu' kita sah, karena salah satu syarat sah shalat adalah kita harus terlebih dahulu berwudhu' dengan sempurna.

Ingat !! tanpa wudhu' yang sempurna shalat kita akan sia-sia.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment