Langkah-langkah mencegah gigi berlubang


1. Memeriksa gigi secara rutin
Periksalah kesehatan gigi Anda ke dokter selama 6 bulan sekali walupun Anda tidak mempunyai masalah apapun dengan gigi. hal ini bertuajuan agar dokter dapat memeriksa kesehatan gigi Anda dan mendeteksi jika ada lubang kecil yang tak kasat mata yang berada pada gigi-gigi Anda, sehingga Anda bisa melakukan perawatan gigi untuk mencegah gigi berlubang berlanjut menjadi semakin parah. atau Anda juga dapat melakukan pembersihan karang gigi agar gigi menjadi lebih sehat.

2. Menyikat gigi secara teratur
ada dua waktu yang paling tepat untuk menyikat gigi, yakni setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur. pada malam hari saat kita tidur air liur tidak banyak keluar sehingga gigi akan rusak apabila Anda membiarkan sisa makanan pada gigi tanpa menyikatnya, begitu juga di pagi hari.

3. Menyikat gigi dengan benar
Walau menyikat gigi telah dilakukan secara teratur namun bila dilakukan dengan cara yang tidak benar, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Cara yang benar adalah dengan menyikat ke arah bawah untuk gigi depan (gigi seri) bagian atas, menyikat gigi ke arah atas untuk gigi depan bagian bawah dan menyikat secara mendatar untuk gigi geraham. Menyikat gigi geraham hendaknya dilakukan lebih lama, karena pada gigi ini berpotensi menempelnya sisa-sisa makanan.

4. Kumur-kumur setelah makan
Menyikat gigi tidak mungkin dilakukan sehabis kita makan, maka cara terbaik adalah berkumur-kumur agar sisa makanan tidak terus menempel dan mengurangi keadaan asam dalam gigi. dan juga bisa melindungi gigi dari bakteri-bakteri yang menempel karena sisa makanan.

5. Gunakan benang untuk mengeluarkan sisa makanan
sebagian orang lebih suka menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan sisa makanan yang menempel dalam gigi, namun hal itu dapat membahayakan gusi karena, jika kita salah menggunakan tusuk gigi, maka gusi akan tertusuk dan kemudian gusi dapat berdarah. Penggunaan tusuk gigi juga dapat menyebabkan celah antar gigi semakin besar.

6. Pilih pasta gigi yang mengandung Flourida
Gunakan pasta gigi yang mengandung flourida. karena zat ini merupakan salah satu bahan pembentuk email gigi. Adanya zat ini dapat mencegah pembusukan pada gigi.dam membantu menyehatkan email gigi.

7. Pilih makanan yang tepat
makanan yang mengandung serat adalah makanan yang baik dan dapat membantu menyehatkan gigi dan melindungi gigi dari penyebab gigi berlubang. dan juga hindari makanan yang mengandung gula dan tepung, karena apabila tertinggal di gigi akan menyebabkan asam dan menimbulkan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

baca juga : hal-hal yang menyebabkan gigi berlubang

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment