Al-Quran adalah kitab sains terlengkap di dunia


 Al-Quranul karim adalah mukjizat Islam yang kekal dan mukjizatnya selalu diperkuat oleh kemajuan ilmu pengetahuan (sains). ia diturunkan Allah kepada Rasulullah, Muhammad SAW. untuk mengeluarkan manusia dari suasana kegelapan menuju alam yang berilmu pengetahuan. serta membimbing mereka ke jalan yang lurus. Rasulullah SAW. menyampaikan Quran itu kepada para sahabatnya yang merupakan orang Arab asli, sehingga mereka dapat memahaminya berdasarkan naluri mereka. Apabila mereka mengalami ketidakjelasan dalam memahami suatu ayat, mereka langsung menanyakannya kepada Rasulullah SAW.

Al-Quran adalah kitab sains terlengkap di dunia. dalam Al-Quran menjelaskan banyak hal tentang kejadian-kejadian alam dan juga menjelaskan banyak hal tentang ilmu biologi dan geografi. sebagai contohnya penulis akan menjelaskan salah satu judul pokok kajian ilmu sains yang sudah tertulis jauh sebelum para ilmuan lahir.

salah satu fakta biologi yang dijelaskan dalam Al-Quran adalah tentang jenis kelamin manusia.

Al-Quran menyatakan dalam surat An-Najm ayat 45 dan 46 yang artinya:

"Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani apabila dipancarkan"

dalam tafsir Muyasar menjelaskan, pada surat An-Najm ayat 45, Allah menciptakan setiap makhluk hidup berpasang-pasangan pria dan wanita agar spesiesnya tidak punah, kehidupan dapat berlangsung dan alam menjadi makmur. sementara pada ayat 46 Allah menciptakan pria dan wanita dari setetes mani pria yang di tumpahkan ke rahim wanita.


 penjelasan secara alamiah untuk kedua ayat ini bahwa, dari setetes nuthfah (air mani) yang memancarkan itu Allah SWT. menciptakan kedua jenis kelamin, laki-laki dan perempuan. dalam kaitan hasil penelitian ilmiah membuktikan tentang adanya dua macam kandungan sperma (mani laki-laki) yaitu kromosom laki-laki yang dilambangkan dengan huruf "y" dan kromosom perempuan yang dilambangkan dengan huruf "x". sedangkan ovum (mani perempuan) hanya satu macam, yaitu dengan lambang "x". dari kode-kode ini didapatkan bukti ilmiah bahwa, apabila yang membuahi ovum adalah sperma yang memiliki kromosom "y", maka anak yang dikandung adalah anak laki-laki. namun apabila sperma berkromosom "x" bertemu dengan ovum berkromosom "x" maka anak yang dikandungnya itu perempuan . jadi dapat disimpulkan bahwa yang menentukan jenis kelamin seseorang adalah ayahnya.

cabang-cabang ilmu pengetahuan yang berkembang seperti genetika dan biologi molekuler telah membenarkan secara ilmiah ketepatan informasi yang diberikan Al-Quran ini. kini diketahui bahwa jenis kelamin ditentukan oleh sel-sel sperma dari tubuh pria, dan bahwa wanita tidak berperan dalam proses penentuan jenis kelamin ini.

dengan kata lain, jenis kelamin bayi ditentukan oleh jenis kromosom mana dari seorang pria yang bergabung dengan sel telur wanita. tak satu pun informasi ini dapat diketahui hingga ditemukannya ilmu genetika pada abad ke-20. bahkan di sebagian masyarakat meyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh pihak wanita. dan inilah sebab mengapa wanita sering disalahkan ketike mereka melahirkan bayi perempuan.

sekian penjelasan singkat tentang sain dalm Al-Quran, yang kemudian InsyaAllah akan di lanjutkan dengan fakta-fakta sains lainnya yang terdapat dalam Al-Quran. semoga penjelasan ini bermanfaat bagi kita semua. amin

baca juga : kajian ayat Al-Quran tentang lidah anjing yang menjulur keluar, surat Al-'Araf ayat 176

وَأَنَّهُ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالأنْثَى - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/04/tafsir-najm-ayat-42-62.html#sthash.6l7VNO7n.dpuf
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment