Sudah Benarkah Niat Anda ?


Pernahkah Anda mencoba untuk bertanya kepada diri anda sendiri tentang, sudah tepatkah niat Anda dalam melakukan suatu Ibadah, baik itu ibadah yang mahdhah ataupun ghairu mahdhah ? Seperti kita kita tau bahwasanya dalam Islam niat merupakan suatu hal yang sangat penting yang akan menentukan apa hasil yang akan kita peroleh dari suatu pekerjaan tadi.

Rasulullah bersabda :

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Artinya :
"Segala sesuatu tergantung pada niatnya, dan dia akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan. Barangsiapa yang niatnya untuk berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa yang berhijrah kepada dunia dan kepada wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang dia niatkan. (H.R. Bukhari, muslim dan empat imam hadis lainnya) 

Hadis ini menjelaskan tentang keutamaan niat sebelum melaksanakan sesuatu. Terkadang kita sendiri sering lupa untuk meniatkan sesuatu dengan ikhlas dan tujuannya hanya untuk Allah semata, kita seringkali berniat untuk segala kesibukan dunia kita, seperti misalnya kita hendak bersedekah, memang itu merupakan suatu ibadah yang baik, namun kita lupa berniat untuk bersedekah Lillahi Ta'ala akan tetapi kita berniat agar sedekah kita dilihat orang supaya nantinya orang-orang menyebut kita dermawan. Ketahuilah saudara-saudara ku sekalian bahwa yang demikian itu tidaklah bermanfaat sama sekali.

Oleh karena itu hendaklah kita sebelum melakukan sesuatu ibadah itu untuk berniat ikhlas karena Allah, agar perbuatan tersebut nantinya akan bernilai pahala di sisi Allah, walupun kita melakukan banyak ibadah tetapi tidak berniat ikhlas kerena Allah, mka semua ibadah yang kita lakukan itu akan sia-sia dan tidak akan mendatangkan manfaat dan pahala sama sekali kepada kita.

Jadi, marilah kita sama-sama memperbaharui niat kita, suapaya segala sesuatu yang kita lakukan atas nama kebaikan ibadah maupun muamalah untuk senantiasa berniat ikhlas kepada Allah, untuk memperoleh ridha-Nya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menjadi bahan renungan kepada kita semua. Amiin. yang ingin bertanya bisa langsung komen dibawah. Terimakasih

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment